Nama : Hartaty Robiasih
kelas : 4EA13
Strategi
produk untuk indomie
Indomie adalah merek
produk mi
instan dari Indonesia. Di Indonesia,
Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk
dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai diluncurkan sejak tanggal 9 September
1970 dan
diperkenalkan ke konsumen sejak tahun 1972, dahulu diproduksi
oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., dan
pertama kali hadir dengan rasa Ayam dan Udang. Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan
secara cukup luas di manca negara, antara lain di Amerika
Serikat, Australia,
Nigeria berbagai negara Asia dan Afrika serta
negara-negara Eropa.
hal ini menjadikan Indomie sebagai salah satu produk Indonesia
yang mampu menembus pasar internasional. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Melakukan adaptasi produk dengan cara Adaptasi. Dimana adaptasi itu adalah
Penyesuaian pada pelanggan dengan membuat perubahan produk secukupnya pada
suatu produk untuk dapat memenuhi keingin pasar setempat. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam
memasarkan produk tidak merubah produk indome dan merk dari produk indomei
tersebut.
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
memasarkan produknya dengan cara adaptasi karena perusahaan mempproduksi produk
harus menyesuaikan lingkungan di Negara-negara yang berbeda. Misalnya dengan
rasa.
1)
Sifat produk :
produk indomie ini
dikemas dengan menggunakan teknologi yang canggih. Sehingga. Selain itu bentuk,
rasa dan kemasan nya sangat menarik mempunyai warna, logo halal pada topografi arab
dan keterangan pengesahan oleh Majellis UlamaIndonesia (MUI) serta nomor
keterangan dari LPPOM:00300799., dan cita rasa yang
beragam variasi rasanya yang sangat menonjol pada produk ini. serta kemasan
mudah dibawa kemana-mana, kemasan indomie ini dikemas dengan bungkusan kedap
udara sehingga produk tahan lama dan terjaga kualitasnya agar dapat
meminimalkan kerusakan produk apabila untuk proses pengiriman ke luar negeri.
2)
Pesaingan :
Produk indomie
pesain yang paling berat adalah singapure. Namun produk indomie adalah produk
buatan Indonesia asli yang terbuatt dari bahan yang berkualitas bahan baku yang
alami dan diperkaya vitamin A,B1,B6,B12, Niasin, Asam Folat
dan Mineralzat besi. Dengan menambahkan keterangan bervitamin, produsen ingin
menunjukan bahwa mieinstan bergizi untuk dikonsumsi yang sudah terbukti di
Indonesia untuk pemasaran ke Negara Nigeria.
3)
Lingkungan fisik :
Negara Nigeria merupakan Negara yang menyukai indomie dengan cita rasa
ayam karna rasa ayam menurut masyarakat Nigeria sangat lezat dan murah bisa
makan mie dengan cita rasa ayam. Sehingga p PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melakukan
penyesuaian rasa yang digemari tiap Negara yang berbeda-beda. jenis-jenis rasa
Indomie yang tersedia di Nigeria:
a) Chicken
Flavour (Rasa Ayam) 70g
·
Chicken Flavour Super Pack 120g
·
Chicken Flavour Hungry Man Size 210g
b)
Onion Chicken Flavour (Rasa Ayam Bawang)
c)
Pepper Chicken Flavour (Rasa Ayam Lada)
d)
Oriental Fried Noodles (Mi Goreng Oriental)
4)
Kondisi pasar :
Indomie merupakan produk
asli buatan Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas, dan
produk indomie sudah terkenal di dunia. Produk indomie ini melakukan ke Negara
lain dengan menyesuaikan kondisi pasar berbeda disetiap Negara yang memiliki
cita rasa, budaya, dan kebiasaan yang berbeda untuk pencapaian peluang
kerjasama dan menembus pasar internasional.
5)
Kelebihan adaptasi terhadap produk:
a.
Mampu memproduksi kan pemasaran produk di setiap
Negara yang berbeda
b.
Dapat peluang penuh kerjasama penting
c.
Untuk mengakomodasikan perbedaan budaya antar
Negara asal dan Negara tujuan
d.
Untuk membangun pasar luar negeri yang stabil
melalui penyelarasan produk dengan kebutuhan pasar secara lebih baik atau
dengan penyelarasan budaya pada produk
e.
Mampu mencegah bahaya kesehatan dan keamanan
produk kepada masyarakat.
6)
Kelemahan adaptasi terhadap produk:
a.
masalah penetapan harga spesifik saat menjualbarang ke luar negeri
b.
menetapkan harga transfer untuk barang yang dikirim ke cabang luar
negeri
c.
Penggunaan media juga membutuhkan penyesuaian internasional karena
ketersediaan media berbada dari satu negara ke negara lain
d. negosiasi internasional
untuk dapat menjadi kompleks karena dihadapkan pada syarat-syarat hukum dan
perundang- undangan di negara tuan rumah dan perusahaan sasaran dan mendapatkan
informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar