Sabtu, 30 November 2013

STRATEGI PRODUK



Nama   : Hartaty Robiasih
kelas   : 4EA13

Strategi produk untuk indomie

Indomie adalah merek produk mi instan dari Indonesia. Di Indonesia, Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai diluncurkan sejak tanggal 9 September 1970 dan diperkenalkan ke konsumen sejak tahun 1972, dahulu diproduksi oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., dan pertama kali hadir dengan rasa Ayam dan Udang. Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan secara cukup luas di manca negara, antara lain di Amerika Serikat, Australia, Nigeria  berbagai negara Asia dan Afrika serta negara-negara Eropa. hal ini menjadikan Indomie sebagai salah satu produk Indonesia yang mampu menembus pasar internasional. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Melakukan adaptasi produk dengan cara Adaptasi. Dimana adaptasi itu adalah Penyesuaian pada pelanggan dengan membuat perubahan produk secukupnya pada suatu produk untuk dapat memenuhi keingin pasar setempat. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam memasarkan produk tidak merubah produk indome dan merk dari produk indomei tersebut.
            PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memasarkan produknya dengan cara adaptasi karena perusahaan mempproduksi produk harus menyesuaikan lingkungan di Negara-negara yang berbeda. Misalnya dengan rasa.
1)      Sifat produk    :
produk indomie ini dikemas dengan menggunakan teknologi yang canggih. Sehingga. Selain itu bentuk, rasa dan kemasan nya sangat menarik mempunyai warna, logo halal pada topografi arab dan keterangan pengesahan oleh Majellis UlamaIndonesia (MUI) serta nomor keterangan dari LPPOM:00300799., dan cita rasa yang beragam variasi rasanya yang sangat menonjol pada produk ini. serta kemasan mudah dibawa kemana-mana, kemasan indomie ini dikemas dengan bungkusan kedap udara sehingga produk tahan lama dan terjaga kualitasnya agar dapat meminimalkan kerusakan produk apabila untuk proses pengiriman ke luar negeri.

2)      Pesaingan        :
Produk indomie pesain yang paling berat adalah singapure. Namun produk indomie adalah produk buatan Indonesia asli yang terbuatt dari bahan yang berkualitas bahan baku yang alami dan diperkaya vitamin A,B1,B6,B12, Niasin, Asam Folat dan Mineralzat besi. Dengan menambahkan keterangan bervitamin, produsen ingin menunjukan bahwa mieinstan bergizi untuk dikonsumsi yang sudah terbukti di Indonesia untuk pemasaran ke Negara Nigeria.



3)             Lingkungan fisik                 :
Negara Nigeria merupakan Negara yang menyukai indomie dengan cita rasa ayam karna rasa ayam menurut masyarakat Nigeria sangat lezat dan murah bisa makan mie dengan cita rasa ayam. Sehingga p PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melakukan penyesuaian rasa yang digemari tiap Negara yang berbeda-beda. jenis-jenis rasa Indomie yang tersedia di Nigeria:
a)      Chicken Flavour (Rasa Ayam) 70g
·         Chicken Flavour Super Pack 120g
·         Chicken Flavour Hungry Man Size 210g
b)      Onion Chicken Flavour (Rasa Ayam Bawang)
c)      Pepper Chicken Flavour (Rasa Ayam Lada)
d)     Oriental Fried Noodles (Mi Goreng Oriental)

4)             Kondisi pasar       :
Indomie merupakan produk asli buatan Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas, dan produk indomie sudah terkenal di dunia. Produk indomie ini melakukan ke Negara lain dengan menyesuaikan kondisi pasar berbeda disetiap Negara yang memiliki cita rasa, budaya, dan kebiasaan yang berbeda untuk pencapaian peluang kerjasama dan menembus pasar internasional.

5)             Kelebihan adaptasi terhadap produk:
a.               Mampu memproduksi kan pemasaran produk di setiap Negara yang berbeda
b.              Dapat peluang penuh kerjasama penting
c.               Untuk mengakomodasikan perbedaan budaya antar Negara asal dan Negara tujuan
d.             Untuk membangun pasar luar negeri yang stabil melalui penyelarasan produk dengan kebutuhan pasar secara lebih baik atau dengan penyelarasan budaya pada produk
e.               Mampu mencegah bahaya kesehatan dan keamanan produk kepada masyarakat.

6)             Kelemahan adaptasi terhadap produk:
a.               masalah penetapan harga spesifik saat menjualbarang ke luar negeri
b.              menetapkan harga transfer untuk barang yang dikirim ke cabang luar negeri
c.               Penggunaan media juga membutuhkan penyesuaian internasional karena ketersediaan media berbada dari satu negara ke negara lain
d.      negosiasi internasional untuk dapat menjadi kompleks karena dihadapkan pada syarat-syarat hukum dan perundang- undangan di negara tuan rumah dan perusahaan sasaran dan mendapatkan informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar