JURNAL 1 METODE RISET
Nama : Hartaty Robiasih
NPM :13210165
Kelas :3EA13
METODE
RISET
JURNAL 1
Tema : kepuasan Perilaku
Konsumen
Judul :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK SARIMIE
Oleh : Novel
Haliana pada tahun 2007
Latar Belakang & Masalah
Mie instan sebagaimana diketahui
merupakan makanan cepat saji favotir masyarakat Indonesia. Itu disebabkan
antara lain karena murah, penyajiannya mudah, dan mengenyangkan. Dengan semakin
banyaknya produk mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan
bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan keinginannya. Untuk saat
ini sudah banyak varian rasa yang telah tersedia di pasar untuk memenuhi
kebutuhan para pecinta mie instan tersebut. Masing-masing produsen mempunyai
produk unggulan yang digemari oleh setiap konsumen mereka. Beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor budaya, sosial,
pribadi dan psikologis.
Tujuan Penelitian
- Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli Produk Mie Instan Merek Sarimie.
- Untuk mengetahui diantara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli Produk Mie Instan Merek Sarimie.
Metodologi Penelitian
- Variabel :
Variabel terikat (Y) adalah adalah
keputusan pembelian produk.
Variabel bebas (X) terdiri dari
faktor kebudayaan (pengalaman anggota keluarga, mengikuti teman dan gaya
hidup), sosial(lingkungan, wilayah geografis dan kelas sosial), pribadi
(kebiasaan, uang saku dan situasi
ekonomi) dan psikologis (dengan motivasi, persepsi dan pengetahuan).
- Data:
Data yang diambil adalah data
primer, yaitu data yang diambil dari jawaban kuesioner yang diisi oleh
masing-masing responden. Yaitu mahasiswa Gunadarma dari kelas 4EA01 hingga
4EA07 sebanyak 375 mahasiswa.
- Tahapan penelitian
(1) uji Validitas dan Reliabelitas,
(2) uji Normalitas, (3) Korelasi dan (4) uji Chi Square.
- Model Penelitian
Model analisis yang digunakan adalah
model matematis yaitu model regresi linier berganda yaitu: Y = B0 + B1X1 + B2X2
+ B3X3 + B4X4 + e
Keterangan :
Y = keputusan membeli; B0 =
intersep; B1 s.d B6 = koefisien regresi yang akan dihitung; X1 = faktor budaya;
X2 = sosial; X3 = pribadi; X4 = psikologis; dan e = term of error.
Hasil dan Kesimpulan
- Dari seluruh variabel bebas (budaya, sosial, pribadi dan psikologis) secara keseluruhan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yang akan diambil oleh konsumen dalam pembelian Mie Instan Merek Indomie.
- Variabel budaya menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan membeli produk Indomie
Saran dan usulan lanjutan
Disarankan agar pada penelitian
berikutnya bisa ditambahkan beberapa indikator pada setiap variabel yang ada
dengan penggunaan software yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar