NAMA
: HARTATY ROBIASIH
KELAS
: 3EA13
NPM
: 13210165
METODE RISET
TEMA : Kepuasan Konsumen pada
makanan instat seperti Mie
BAB 1
1.1 Latar Belakang
Tingginya aktivitas masyarakat
yang didorong oleh semakin tingginya kebutuhan masyarakat ini menyebabkan pola
konsumsi pangan masyarakat berubah. Perubahan pola atau gaya hidup, juga
menjadi faktor pemicu terjadinya perubahan pola konsumsi. Misalnya, orang zaman
sekarang semakin sibuk dengan jam kerja lebih panjang, mendorong mereka untuk
memilih makanan yang penyajiannya lebih praktis tapi tetap beragam.
Perkembangan konsumsi makanan instan yang berbasis gandum ini dari tahun ke
tahun memperlihatkan tren yang positif dan semakin berkembang. Pergeseran pola
konsumsi masyarakat ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan
instan. Mie instan
sebagaimana diketahui merupakan makanan cepat saji favotir masyarakat
Indonesia. Itu disebabkan antara lain karena murah, penyajiannya mudah, dan
mengenyangkan. Dengan semakin banyaknya produk mie instan yang ada di pasaran
berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai
dengan keinginannya. Masyarakat sangat tertarik pada makanan yang siap saji
seperti mie instant karna pembuatan yang sudah dalam kemasan sangat mudah di
buat, maka dari itu produk mie instat di Indonesia sangat laris di pasaran,
produk mie instatnt ini banyak sekali variasinya atau mereknya seperti Indomie,
Sarimie, Sakura, Super Mie, dan lain-lain. Mie instant merupakan salah
satu makanan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Mie instant
sering dikonsumsi sebagai makanan alternatif pengganti makanan pokok. Sejalan
dengan perkembangan produksi mie instan produksi tepung terigu juga mengalami
peningkatan. Hal ini karena bahan baku dasar mie instan adalah tepungterigu.
PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan senantiasa berubah. Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri mie instan ini semakin tinggi. Tingkat persaingan yang tinggi ini dapat menyebabkan pergeseran loyalitas konsumen miee instan produk indofood kepada mie instan produk yang lain. Kondisi ini mendorong perusahaan untuk senantiasa melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie. Tingginya pangsa pasar mie instant mengharuskan perusahaan-perusahaan yang ada untuk berhati-hati, sehingga perusahaan dituntut harus selalu mengevaluasi dan mematangkan strategi pemasaran yang dijalankannya.
PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan senantiasa berubah. Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri mie instan ini semakin tinggi. Tingkat persaingan yang tinggi ini dapat menyebabkan pergeseran loyalitas konsumen miee instan produk indofood kepada mie instan produk yang lain. Kondisi ini mendorong perusahaan untuk senantiasa melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie. Tingginya pangsa pasar mie instant mengharuskan perusahaan-perusahaan yang ada untuk berhati-hati, sehingga perusahaan dituntut harus selalu mengevaluasi dan mematangkan strategi pemasaran yang dijalankannya.
1.2 MASALAH ATAU TUJUAN
Identifikasi
dari uraian diatas, permasalahan yang
timbul akan dianalisis dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi respon konsumen terhadap produk mieinstant?
1.3 MAKSUD DAN TUJUAN
Berdasarkan permasalahan diatas bertujuan untuk mengetahui
factor-faktor apa saja yang mempengaruhi respon konsumen terhadap produk mie
instant dan menganalisis kualitas terhadap produk mie instant tersebut.
1.5 METODELOGI
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode melihat seberapa
besar Indonesia memproduksi mie instant . Kondisi
ini mendorong perusahaan untuk senantiasa melakukan riset pemasaran yang
dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan
konsumen akan suatu produk mie. Tingginya pangsa pasar mie instant mengharuskan
perusahaan-perusahaan yang ada untuk berhati-hati, sehingga perusahaan dituntut
harus selalu mengevaluasi dan mematangkan strategi pemasaran yang dijalankannya
1.4 HASIL DATA
Saat
ini, Indonesia adalah produsen mie instan terbesar di dunia. Pergeseran pola konsumsi
masyarakat ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan instan,
terutama industri mie instan. Salah satu produsen mie instan terbesar di
Indonesia saat ini adalah Indofood. Perusahaan ini menguasai hampir 80 % dari
produksi mie instan di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, mie memang sudah
menjadi bagian penting dalam pola makan rumah tangga, tidak hanya di perkotaan
tetapi juga di pedesaan.
1.5
SUMBER
http://namakufanii.blogspot.com/2011_10_01_archive.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar