Minggu, 21 Oktober 2012

TEMA METODE RISET



NAMA       : HARTATY ROBIASIH
KELAS       : 3EA13
NPM           : 13210165
METODE RISET


TEMA : Kepuasan Konsumen pada makanan instat seperti Mie

BAB 1

1.1 Latar Belakang
Tingginya aktivitas masyarakat yang didorong oleh semakin tingginya kebutuhan masyarakat ini menyebabkan pola konsumsi pangan masyarakat berubah. Perubahan pola atau gaya hidup, juga menjadi faktor pemicu terjadinya perubahan pola konsumsi. Misalnya, orang zaman sekarang semakin sibuk dengan jam kerja lebih panjang, mendorong mereka untuk memilih makanan yang penyajiannya lebih praktis tapi tetap beragam. Perkembangan konsumsi makanan instan yang berbasis gandum ini dari tahun ke tahun memperlihatkan tren yang positif dan semakin berkembang. Pergeseran pola konsumsi masyarakat ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan instan. Mie instan sebagaimana diketahui merupakan makanan cepat saji favotir masyarakat Indonesia. Itu disebabkan antara lain karena murah, penyajiannya mudah, dan mengenyangkan. Dengan semakin banyaknya produk mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan keinginannya. Masyarakat sangat tertarik pada makanan yang siap saji seperti mie instant karna pembuatan yang sudah dalam kemasan sangat mudah di buat, maka dari itu produk mie instat di Indonesia sangat laris di pasaran, produk mie instatnt ini banyak sekali variasinya atau mereknya seperti Indomie, Sarimie, Sakura, Super Mie, dan lain-lain. Mie instant merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Mie instant sering dikonsumsi sebagai makanan alternatif pengganti makanan pokok. Sejalan dengan perkembangan produksi mie instan produksi tepung terigu juga mengalami peningkatan. Hal ini karena bahan baku dasar mie instan adalah tepungterigu.
PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan senantiasa berubah. Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri mie instan ini semakin tinggi. Tingkat persaingan yang tinggi ini dapat menyebabkan pergeseran loyalitas konsumen miee instan produk indofood kepada mie instan produk yang lain. Kondisi ini mendorong perusahaan untuk senantiasa melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie. Tingginya pangsa pasar mie instant mengharuskan perusahaan-perusahaan yang ada untuk berhati-hati, sehingga perusahaan dituntut harus selalu mengevaluasi dan mematangkan strategi pemasaran yang dijalankannya.


1.2 MASALAH ATAU TUJUAN
Identifikasi dari uraian diatas,  permasalahan yang timbul akan dianalisis dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi respon konsumen terhadap produk mieinstant?

1.3 MAKSUD DAN TUJUAN
Berdasarkan permasalahan diatas bertujuan untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi respon konsumen terhadap produk mie instant dan menganalisis kualitas terhadap produk mie instant tersebut.
1.5 METODELOGI
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode melihat seberapa besar Indonesia memproduksi mie instant . Kondisi ini mendorong perusahaan untuk senantiasa melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie. Tingginya pangsa pasar mie instant mengharuskan perusahaan-perusahaan yang ada untuk berhati-hati, sehingga perusahaan dituntut harus selalu mengevaluasi dan mematangkan strategi pemasaran yang dijalankannya


1.4 HASIL DATA
Saat ini, Indonesia adalah produsen mie instan terbesar di dunia. Pergeseran pola konsumsi masyarakat ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan instan, terutama industri mie instan. Salah satu produsen mie instan terbesar di Indonesia saat ini adalah Indofood. Perusahaan ini menguasai hampir 80 % dari produksi mie instan di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, mie memang sudah menjadi bagian penting dalam pola makan rumah tangga, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pedesaan.

1.5 SUMBER
http://namakufanii.blogspot.com/2011_10_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar