Jumat, 17 Mei 2013

CERITA dari Buku Neraka Kamboja





HADIAH   ITU
Buku ini di buat oleh seorang anak yang bernama Haing Ngor bersama Roger Warner, yang merinduka ayah nya sebagai kenangan ke pada ayahnya yang bernama Ngor Kea,  ibu nya Lim Ngor dan istriku Chang Huoy (chang my Huoy), mereka tewas secara teramat sengsara, biadab dan tanpa perikemanusiaan oleh rezim komunis khmer di kamboja.
Dalam perjalanan hidup nya selama itu, haing ngor dan roger pernah menjadi macam-macam profesi: pedagang keliling yang berjalan kali telanjang menelusuri jalan sebenarnya Haing Ngor adalah seorang dokter, tidak ada yang lebih banyak berperan menentukan bentuk hidup dai pada keberhasilan di kekuasaan rezim Pol Pot,. Karna haing dan Roger hanya seorang manusia yang polos dari Neraka Kamboja. Tahun 1975 dan 1979 hidup mereka tradisional dilaut barat kamboja, saat itu hidupnya sengsara sepatu, pakaian pun seperti gembel bahkan badan mereka sangat kurus karna kurang makan. Jika Khmer Merah tiba mereka terpaksa bersembunyi. Khmer merah merubah desa nya dan berjuta-juta orang diperlakukan seperti binatang.
Haing, Roger dan masyarakat yang masih bertahan hidup berubah menjadi pencuri liar, apa saja di curi seperti jagung, nasi, beras atau apa saja asal mereka bias makan. Mereka mencuri pada malam hari di tempat pasukan rezim-rezim khmer merah yang kejam. Pada malam hari haing roger dan teman-teman nya mencuri besar-besaran di markas komunis itu, dengan cara kami bertahan hidup seperti pencuri ini, sesekali haing berdoa ke pada budha meminta maaf atas perbuatannya mencuri.
Pada suatau malam mereka mencuri dan merka menyamar menggunakan baju pesta stelan texodo. . Penyamaran mereka berhasil dan mereka di kirim ke amerika dengan status pengungsi, Haing menyamar sebagai pemeran film “THE KILLIG FIELDS” tanpa bekal apa pun menjadi actor  dan di nobatkan sebagai calon pemenang academy award. Saat nama pemenang di bacakan Haing sangat gelisah dan akut karena pd kenyataannya ia hanya menyamar, dan peran yang terbaik sudah berakhir sebeum meninggalkan kamboja, dan hadiahnya disana waktu itu jauh lebih besar.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar