A.
JUDUL PENELITIAN
PERAMALAN PENJUALAN ROTI
PADA TOKO ROTI FAMILY BREAD
B.
PENDAHULUAN
Latar
Belakang Masalah
Persaingan usaha dewasa ini menuntut
pengusaha agar lebih peka terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen akan produk
yang ditawarkan. Sehingga perlu adanya manajemen yang berperan dalam menentukan
jumlah penjualan. Keberhasilan suatu perusahaan dicerminkan oleh kemampuan
perencanaan dalam manajemen untuk memanfaatkan peluang secara optimal sehingga
dapat menghasilkan penjualan dan laba sesuai dengan yang diharapkan.
Keberhasila yang
dicerminkan oleh kemampuan perencanaan dalam manajemen untuk memanfaatkan
peluang secara optimal sehingga dapat menghasilkan penjualan dan
laba sesuai dengan yang diharapkan serta
untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan sehingga dapat mencapai suatu
keuntungan
Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin mengetahui
seberapa besar keberhasilan Peramalan penjualan Roti,
khususnya pada Toko Family Bread. Hal ini yang membuat
penulis merasa tertarik mengangkat Peramalan penjualan Roti sebagai bahan
penulisan ilmiah yang akan dibahas dalam bentuk penulisan
ilmiah dengan judul “PERAMALAN PENJUALAN ROTI PADA TOKO FAMILY BREAD”.
RUMUSAN MASALAH
Dari penjelasan di atas,
maka penulis merumuskan permasalahan yaitu:
1.
Berapa besar peramalan penjualan Bulan Mei 2011 s/d Mei 2013, pada Toko
Roti Family Bread?
2.
Bagaimana peramalan penjualan terhadap Toko Roti Family Bread dengan
menggunakan metode Moving Average (MA),
Weight Moving Average (WMA), Exponential Smoothing (ES), Mean Absolute
Devisiasion (MAD)?
TUJUAN
PENELITI AN
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ilmiah ini adalah :
1.
Dapat mengetahui tingkat penjualan selama 2 tahun untuk peramalan Bulan
mei 2013.
2.
mengetahui efektifitas hasil dari
peramalan dengan memperbandingkan metode (MA),
(WMA), (ES), (MAD) dan untuk
mengetahui metode mana yang lebih tepat untuk peramalan penjualan “Roti pada Toko Fmiliy Bread”.
MANFAAT
PENELITIAN
Penulis berharap agar penulisan ilmiah ini dapat
menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk kemajuan
usaha, dan masukan untuk pembahasan mengenai Peramalan penjualan.
C.
TINJAUAN PUSTAKA
a. Pengertian
Pemasaran
2.1.1
Pengertian
Peramalan
Peramalan
merupakan bagian awal dari suatu proses pengambilan suatu keputusan. Sebelum
melakukan Peramalan harus diketahui terlebih dahulu apa sebenarnya persoalan
dalam pengambilan keputusan itu. Peramalan diartikan sebagai kegiatan analisis
untuk memperkirakan besarnya perubahan suatu variabel ekonomi bisnis dalam
permintaan barang dan jasa di masa
Definisi peramalan
menurut J. Supranto, MA. Teknik Riset Pemasaran Dan Ramalan Penjualan (1990:3)
”Peramalan merupakan memberikan gambaran tentang kemampuan menjual di waktu
yang akan datang, yang data ramalan penjualan dapat digunakan untuk dasar
perencanaan produksi. Hasil ramalan untuk menentukan atau merencanakan berapa
produksi yang harus diprodusir.
b. Tujuan Peramalan
Peramalan
pada umumnya digunakan untuk memprediksikan keuntungan, pendapatan, harga,
biaya, teknologi, dan berbagai variabel lainnya. Dalam lingkungan perusahaan
kebanyakan peramalan untuk mengestimasi atau memprediksi permintaan penjualan
pada masa yang akan dating
c. Tipe Peramalan
Tipe Peramalan menurut Hery Prasetya dan Fitri Lukiastuti
(2009 : 44), Dalam Peramalan dibagi dalam beberapa tipe Peramalan, yakni :
c. Peramalan
Permintaan (Demand Forecat)
d.
Proses Peramalan
Proses Peramalan menurut T. Hani Handoko (2000 : 260) terdiri
dari langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Penentuan Tujuan :Langkah pertama terdiri atas
penentuan macam estimasi yang diinginkan.
2. Pengembangan
Model :Setelah tujuan ditetapkan, langkah berikutnya adalah pengembangan suatu
model yang merupakan penyajian secara lebih sederhana sistem yang dipelajari.
3. Penerapan
Model
Setelah pengujian, analisis
menerapkan model dalam tahap ini, data historik dimasukkan dalam model untuk menghasilkan
suatu ramalan.
4.
Revisi dan Evaluasi : Ramalan-ramalan yang telah
dibuat harus senantiasa diperbaiki dan ditinjau kembali.
e.
Tahap – Tahap Peramalan
Tahap
Peramalan menurut Suryadi Prawirosenoto (2001 : 48), Agar Peramalan dapat memberikan hasil
yang memuaskan, maka haruslah mengikuti prosedur atau langkah – langkah yang
telah ditetapkan dalam Peramalan. Dengan mengikuti setiap langkah yang telah
ditetapkan paling tidak dapat menghindari kesalahan yang tidak perlu, sehingga
hasil Peramalan tidak perlu diragukan
D.
METODE PENELITIAN
Metode
pengumpulan data yang penulis gunakan, yaitu :
a) Wawancara
Yaitu dengan tanya jawab
dengan pemilik Toko Roti “Family Bread”.
b) Observasi
Yaitu dengan mengadakan
pengamatan secara langsung ke tempat yang akan diteliti untuk mengetahui
kegiatan yang dilakukan oleh Toko Roti.
c) Studi Pustaka
Yaitu dengan metode
pengumpulan data dengan cara membaca dan memahami buku-buku yang berkaitan
dengan peramalan penjualan dengan menggunakan metode rata-rata bergerak (Moving Average), rata-rata bergerak
tertimbang (Weight Moving Averege),
metode peramalan rata-rata bergerak yang melakukan penimbangan terhadap data
masa lalu (Exponential Smoothing),
serta mengukur tingkat kesalahan peramalan (Mean
Absolute Deviasion).
a.
Lokasi penelitian
Toko Roti Family Bread di Perumahan Pondok Ungu Permai,
Blok KK 7 No. 5, Rt 005/Rw 022,Bekasi Utara, Jawa barat 17125.
b.
Waktu penelitian
Penelitian
dilaksanakan pada bulan Mei-Mei 2013
E.
DAFTAR PUSTAKA
http://anisantoso.blogspot.com/2013/04/proposal-ilmiah_16.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar