Senin, 06 Mei 2013

PROPOSAL ILMIAH



A.    JUDUL PENELITIAN
PERAMALAN PENJUALAN ROTI PADA TOKO ROTI FAMILY BREAD
B.     PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Persaingan usaha dewasa ini menuntut pengusaha agar lebih peka terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen akan produk yang ditawarkan. Sehingga perlu adanya manajemen yang berperan dalam menentukan jumlah penjualan. Keberhasilan suatu perusahaan dicerminkan oleh kemampuan perencanaan dalam manajemen untuk memanfaatkan peluang secara optimal sehingga dapat menghasilkan penjualan dan laba sesuai dengan yang diharapkan.
Keberhasila yang dicerminkan oleh kemampuan perencanaan dalam manajemen untuk memanfaatkan peluang secara optimal sehingga dapat menghasilkan penjualan dan laba sesuai dengan yang diharapkan serta untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan sehingga dapat mencapai suatu keuntungan
Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin mengetahui seberapa besar keberhasilan Peramalan penjualan Roti, khususnya pada Toko Family Bread. Hal ini yang membuat penulis merasa tertarik mengangkat Peramalan penjualan Roti sebagai bahan penulisan ilmiah yang akan dibahas dalam bentuk penulisan ilmiah dengan judul “PERAMALAN PENJUALAN ROTI PADA TOKO FAMILY BREAD”.
RUMUSAN MASALAH
Dari penjelasan di atas, maka penulis merumuskan permasalahan yaitu:
1.      Berapa besar peramalan penjualan Bulan Mei 2011 s/d Mei 2013, pada Toko Roti Family Bread?
2.      Bagaimana peramalan penjualan terhadap Toko Roti Family Bread dengan menggunakan metode Moving Average (MA), Weight Moving Average (WMA), Exponential Smoothing (ES), Mean Absolute Devisiasion (MAD)?
TUJUAN PENELITI AN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ilmiah ini adalah :
1.      Dapat mengetahui tingkat penjualan selama 2 tahun untuk peramalan Bulan mei 2013.
2.       mengetahui efektifitas hasil dari peramalan dengan memperbandingkan metode (MA), (WMA), (ES), (MAD) dan untuk mengetahui metode mana yang lebih tepat untuk peramalan penjualan “Roti pada Toko Fmiliy Bread”.
MANFAAT PENELITIAN
Penulis berharap agar penulisan ilmiah ini dapat menjadi sarana yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk kemajuan usaha, dan masukan untuk pembahasan mengenai Peramalan penjualan.

C.    TINJAUAN PUSTAKA
a.      Pengertian Pemasaran
2.1.1        Pengertian Peramalan
            Peramalan merupakan bagian awal dari suatu proses pengambilan suatu keputusan. Sebelum melakukan Peramalan harus diketahui terlebih dahulu apa sebenarnya persoalan dalam pengambilan keputusan itu. Peramalan diartikan sebagai kegiatan analisis untuk memperkirakan besarnya perubahan suatu variabel ekonomi bisnis dalam permintaan barang dan jasa di masa
Definisi peramalan menurut J. Supranto, MA. Teknik Riset Pemasaran Dan Ramalan Penjualan (1990:3) ”Peramalan merupakan memberikan gambaran tentang kemampuan menjual di waktu yang akan datang, yang data ramalan penjualan dapat digunakan untuk dasar perencanaan produksi. Hasil ramalan untuk menentukan atau merencanakan berapa produksi yang harus diprodusir.
b.  Tujuan Peramalan
Peramalan pada umumnya digunakan untuk memprediksikan keuntungan, pendapatan, harga, biaya, teknologi, dan berbagai variabel lainnya. Dalam lingkungan perusahaan kebanyakan peramalan untuk mengestimasi atau memprediksi permintaan penjualan pada masa yang akan dating

c.  Tipe Peramalan
            Tipe Peramalan menurut Hery Prasetya dan Fitri Lukiastuti (2009 : 44), Dalam Peramalan dibagi dalam beberapa tipe Peramalan, yakni :
a.       Peramalan Ekonomi (Economic Forecast)
b.      Peramalan Teknologi (Tecnological Forecast)
c.       Peramalan Permintaan (Demand Forecat)

d.   Proses Peramalan
      Proses Peramalan menurut T. Hani Handoko (2000 : 260) terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Penentuan Tujuan :Langkah pertama terdiri atas penentuan macam estimasi yang diinginkan.
2.      Pengembangan Model :Setelah tujuan ditetapkan, langkah berikutnya adalah pengembangan suatu model yang merupakan penyajian secara lebih sederhana sistem yang dipelajari.
3.      Penerapan Model
Setelah pengujian, analisis menerapkan model dalam tahap ini, data historik dimasukkan dalam model untuk menghasilkan suatu ramalan.
4.      Revisi dan Evaluasi : Ramalan-ramalan yang telah dibuat harus senantiasa diperbaiki dan ditinjau kembali.
e.       Tahap – Tahap Peramalan
D.    METODE PENELITIAN
Metode pengumpulan data yang penulis gunakan, yaitu :
a)      Wawancara
Yaitu dengan tanya jawab dengan pemilik Toko Roti “Family Bread”.
b)      Observasi
Yaitu dengan mengadakan pengamatan secara langsung ke tempat yang akan diteliti untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh Toko Roti.
c)      Studi Pustaka
Yaitu dengan metode pengumpulan data dengan cara membaca dan memahami buku-buku yang berkaitan dengan peramalan penjualan dengan menggunakan metode rata-rata bergerak (Moving Average), rata-rata bergerak tertimbang (Weight Moving Averege), metode peramalan rata-rata bergerak yang melakukan penimbangan terhadap data masa lalu (Exponential Smoothing), serta mengukur tingkat kesalahan peramalan (Mean Absolute Deviasion).
a.      Lokasi penelitian
Toko Roti Family Bread di Perumahan Pondok Ungu Permai, Blok KK 7 No. 5, Rt 005/Rw 022,Bekasi Utara, Jawa barat 17125.
b.      Waktu penelitian
Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Mei 2013



E.     DAFTAR PUSTAKA
http://anisantoso.blogspot.com/2013/04/proposal-ilmiah_16.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar